Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Fungsi makanan yang mengandung zat besi adalah sebagai komponen pembentuk Hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh. Selain itu zat besi juga berperan penting untuk fungsi normal daya tahan tubuh.

Karena fungsi zat besi yang penting itu, kekurangan zat besi dapat menyebabkan terhambatnya pasokan hemoglobin dalam darah. Penyakit karena kurangnya hemoglobin (sel darah merah) yang demikian disebut anemia defisiensi besi. Agar kita tidak kekurangan darah dan kebutuhan zat besi kita terpenuhi, maka konsumsilah makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam, kangkung, daging sapi, kentang, dan lain-lain. Lebih lengkap, berikut ini saya sajikan makanan sumber zat besi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Daging merah Daging merah merupakan bahan makanan hewani yang lezat. Contohnya daging sapi. Tahukah Anda, dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 mg zat besi, selain itu juga kaya akan protein, lebih lanjut silahkan baca  Sumber Protein Tinggi Kuning telur Telur yang merupakan sumber makanan yang mudah didapat ini, kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur mengandung Zat besi yang banyak pada kuningnya. Ikan Ikan terkenal dengan kandungannya yang kaya akan omega-3 dan 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg per 100 gram. Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram.

Sayuran berdaun gelap atau hijau Sayuran apapun yang berdaun hijau, terutama bayam, daun singkong, kankung, dan sawi mengandung zat besi yang banyak. Sebuah sumber alternatif zat besi bagi mereka yang menghindari makanan produk hewani (vegetarian). Kacang-kacangan, kacang polong dan kacang kedelai Kacang tanah, kacang polong dan kacang kedelai merupakan jenis kacang yang mudah kita dapat dan mudah diolah. Tahukah Anda, dalam 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 7,5 zat besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *